MEDIA INDONESIA VS MEDIA MALAYSIA



Pada dasarnya Indonesia dan Malaysia memilki kesamaan yang sangat besar karena Indonesia dan Malaysia berasal dari 1 rumpun yang sama yaitu rumpun melayu. Dikarenakan kesamaan rumpun ini maka banyak sekali kesamaan dalam banyak hal, seperti budaya, kemiripan bahasa,dll. Dikarenakan banyak kesamaan ini, hubungan Indonesia dan Malaysia sering kali tidak baik dikarenakan pihak malaysia dalam beberapa kesempatan ingin mengklaim wilayah dan budaya Indonesia.

Hal yang paling menyakitkan untuk pihak Indonesia adalah ketika Indonesia harus kehilangan pulau sipadan dan ligitan dimana hal ini pertama kali diekspos oleh media Malaysia dimana media Malaysia tersebut mengklaim bahwa pulau sipadan dan ligitan. Pada saat itu media Malaysia juga mempromosikan resort atau penginapan yang didirikan di kedua pulau tersebut, padahal pada saat itu status pulau sipadan dan ligitan masih quo.

Hal tersebut memancing kemarahan masyarakat Indonesia sehingga pada saat itu terjadi media war antara Indonesia dan Malaysia. Pada saat itu banyak Indonesia langsung membalas kejadian itu dengan menyebarkan berita-berita berjudulkan ganyang Malaysia. Perihal media war antara Indonesia dan Malaysia tidak berakhir sampai disitu baru-baru ini pada Sea Games 2017 yang diadakan di Kuala Lumpur, pihak media cetak Malaysia memasang bendera Indonesia secara terbalik, yang mana hal ini langsung tersebat luas sampai ke Indonesia. Hal ini langsung memancing kemarahan masyarakat Indonesia.

Media Indonesia langsung membalas di media sosial menyerang balik negara malaysia bahkan banyak media memposting foto benderan Malaysia secara terbalik juga. Sontak hal tersebut menyebabkan media war antara Indonesia dan Malaysia. Pada saat Sea Games tersebut media Indonesia banyak memposting tentang kecuragan-kecurangan pihak malaysia terhadap Indonesia, bahkan banyak media Indonesia mengeluarkan pernyataan bahwa pihak malaysia tidak menghargai Indonesia. Hal yang paling mengejutkan adalah ketika media Indonesia memposting tim nasional Indonesia kehabisan makanan di hotel tempat tinggal mereka.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MEDIA MENGUAK KEMATIAN PUTRI DIANA

JAKARTA DIRENDAM BANJIR

CRISTIANO RONALDO DOS SANTOS AVEIRO